Kenapa Skincare Dengan Bahan Alami Lebih Baik dibanding Kimia?

Merawat kulit adalah hal yang wajib dilakukan oleh wanita untuk menjaga kecantikan dan kesehatannya. Beberapa metode dan bahan dipakai demi mendapatkan kulit impiannya. Tentunya kita harus mengetahui karakter dari kulit kita terlebih dahulu sebelum menentukan skincare apa yang cocok. Namun ada baiknya kita menggunakan bahan alami dan mengurangi bahan kimia untuk merawat kulit. Untuk membuat kamu yakin, artikel ini akan memaparkan alasan kenapa skincare bahan alami lebih baik dibandingkan yang kimia.

Penyebab Skincare Bahan Alami Lebih Baik Dibandingkan Bahan Kimia

1. Lebih Ampuh

Alasan pertama mengapa bahan alami lebih baik adalah manfaatnya yang lebih ampuh untuk kulit. Walaupun bahan kimia mempunyai banyak manfaat, akan tetapi bahan alami lebih mudah dicerna, sehingga khasiatnya bisa lebih terasa secara optimal.

2. Lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia

Menurut dokter kulit, sebaiknya hindari penggunaan produk skincare biasa dalam waktu lama. Ini karena produk skincare berbahan kimia biasanya mengandung logam yang sangat berbahaya, merkuri, bahkan paraben. Jika Anda menggunakan produk untuk waktu yang lama, Anda akan menderita efek negatif seperti kerusakan pada kulit.

Produk skincare dengan bahan alami biasanya tidak mengandung bahan seperti merkuri, logam dan paraben. Di sisi lain, ia mengandung lebih banyak antioksidan, sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas, penuaan dan racun. Namun perlu ditegaskan karena bahan alami juga mengandung bahan kimia tertentu yang mungkin tidak cocok untuk sebagian orang.

3. Lebih ramah lingkungan

Tidak hanya baik untuk kulit Anda, ternyata produk skincare alami juga lebih ramah lingkungan.

Bahan alami pada skincare dibuat tanpa menggunakan pestisida yang meninggalkan residu untuk tanah dan air. Menggunakan skincare bahan alami berarti kamu juga menjaga lingkungan dari polusi.

4. Tidak Menggunakan Pewangi Kimia

Produk kecantikan yang berbau harum, membuat banyak wanita akan sangat menyukainya. Padahal, aroma produk belum tentu berasal dari bahan alami. Produk skincare yang mengandung bahan pewangi buatan mungkin akan mengiritasi kulit wajah anda terutama anda yang mempunyai kulit sensitif . Pewangi kimia juga berbahaya jika masuk ke dalam tubuh, efek jangka panjangnya adalah kanker. Berbeda dengan bahan alami yang pastinya aman jika tidak sengaja tertelan.

5. Cocok untuk semua jenis kulit

Menemukan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda tidaklah mudah. Terutama dalam aktivitas kita sehari-hari, itu akan meningkatkan paparan polusi udara, radiasi peralatan elektronik, dan risiko diet.

Sementara di Indonesia, masih belum ada sertifikasi khusus yang menunjukkan bahwa produk skincare benar-benar alami.

Jadi untuk mengetahuinya, minimal produk skincare tersebut tersebut aman digunakan, misalnya melihat apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak.

 

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus segera menggunakan skincare yang mayoritas menggunakan bahan alami.