Apa Manfaat Daun Thyme Untuk Kulit dan kecantikan ?

Daun Thyme merupakan salah satu tanaman herbal Lamiaceae. Daun ini berasal dari bahan rempah-rempah yang ada di dapur Anda. Tetapi, kegunaannya tidak terbatas pada hal ini. Daun thyme mengandung zat yang memiliki sifat antiradang dan antinyeri. Berkat kandungan tersebut, daun thyme yang dikonsumsi sebagai teh atau suplemen herbal diduga dapat meringankan nyeri, misalnya akibat kram di saat menstruasi.

Di Mesir kuno, daun thyme digunakan dalam praktek untuk memberikan balsem pada tubuh, sementara orang-orang Yunani kuno menggunakannya sebagai dupa. Daun thyme sering digunakan untuk bahan teh yang efektif untuk pencernaan.

Ternyata, daun thyme juga banyak manfaatnya untuk kecantikan, terbukti dengan banyak skincare yang menggunakan daun thyme sebagai bahannya.

Beberapa Manfaat Dari Daun Thyme

Tekanan Darah Rendah

Thymus linearis Benth adalah spesies thyme yang ditemukan di Pakistan dan Afghanistan. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak thyme secara signifikan dapat menurunkan detak jantung pada tikus karena tekanan darah tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh mereka.

Mengobati Jerawat

Sampai hari ini, thyme adalah idaman di bidang kuliner karena rasanya yang cukup terkenal. Selain itu, thyme juga dikenal sebagai obat untuk jerawat dan tekanan darah tinggi. Thyme akan masuk ke pori-pori dan menghilangkan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan.

Minyak esensial thyme yang berasal dari daunnya sering digunakan sebagai obat batuk alami. Dalam sebuah penelitian, kombinasi daun thyme dan ivy membantu mengatasi batuk dan gejala lain seperti bronkitis akut.

Meningkatkan Imunitas

Daun thyme dikemas dalam bentuk Vitamin C dan sumber Vitamin A yang baik. Jika Anda demam dan merasa tidak sehat, Daun thyme membantu Anda kembali ke bentuk semula. Daun thyme juga merupakan sumber yang mengandung tembaga, serat, besi dan mangan.

Sebagai Desinfektan

Jamur adalah polutan udara yang umum tetapi bisa berbahaya dan mengintai rumah Anda. Setelah Anda mengidentifikasinya, ambil langkah yang baik dengan menggunakan minyak thyme untuk menghilangkannya. Minyak esensial thyme memiliki banyak sifat fungisida. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat digunakan sebagai desinfektan di rumah tangga dengan cetakan tingkat tinggi.

Membuat Mood Balik

Minyak thyme bisa mengembalikan mood dan memiliki efek menenangkan. Minyak esensial thyme sering digunakan untuk aroma terapi karena intensitas bahan aktifnya yang dikenal dengan carvacrol.

Dalam sebuah study, daun thyme telah terbukti mempengaruhi aktivitas neuron dengan meningkatkan kualitas istirahat kamu. Maka dari itu,  jika Anda secara teratur menggunakan minyak thyme atau thyme,hal tersebut akan menimbulkan efek positif pada perasaan dan suasana hati Anda.

Jadi Begitulah manfaat dari Daun thyme, yang dimana biasanya daun ini digunakan untuk membasmi bakteri, virus, tikus dan serangga lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak thyme dapat mengusir nyamuk. Untuk hasil terbaik, gosok daun thyme di tangan Anda untuk menghilangkan minyak esensial.

Anda juga dapat membuat persiapan sendiri dengan mencampurkan empat tetes minyak thyme atau lima tetes dengan dua tetes air untuk setiap sendok teh minyak zaitun.

Daun thyme mengandung sifat antiseptik dan antibiotik yang dapat meredakan pilek, batuk atau infeksi tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, ramuan ini diketahui dapat mengobati bronkitis dan batuk. Jika Anda ingin menghangatkan tubuh dalam cuaca dingin, kami sarankan mengkonsumsi secangkir teh thyme.