Manfaat Salicylic Acid Untuk Kecantikan

Manfaat salicylic acid untuk kecantikan sangatlah banyak, selain untuk perawatan pada jerawat, ternyata ada beberapa manfaat lainnya dari bahan satu ini. tetapi perlu diingat, karena salicylic acid masih dalam keluarga asam, maka tidak disarankan untuk kulit kering karena akan menyebabkan lebih kering lagi. Daripada penasaran, berikut manfaat salicylic acid untuk kulit.

Manfaat Salicylic Acid Untuk Kulit

Salicylic acid Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat

Salicylic bermanfaat mengatasi jerawat karena sebenarnya dia adalah salah satu produk BHA. Penggunaan secara rutin ke kulit yang berjerawat bisa mempercepat pengempisan jerawat. Efek sampingnya mungkin akan ada sensasi perih sedikit. Gunakanlah pada pagi dan malam hari untuk hasil maksimal.

Mencerahkan Kulit

Salicylic ternyata juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungannya mampu mengangkat sel kulit mati. Kamu juga bisa menggunakan salicylic acid untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan ruamn pada wajah. Zat asam pada bahan ini efektif mengempiskan dan menghilangkan bekas jerawat.

Membersihkan Pori-pori Kotor

Selain kulit berminyak dan bakteri, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat karena kotoran. Zat asam pada salicylic acid terbukti mampu membersihkan pori-pori dengan maksimal. Tidak hanya itu, salicylic acid berguna untuk mengatasi blackhead dan whitehead. Sehingga kulitmu senantiasa bersih dan lembut.

Mengurangi Ruam Kemerahan Pada Kulit

Ruam kemerahan biasanya muncul bersamaan dengan jerawat. Selain mengganggu penampilan, nyeri yang diakibatkan juga sangat mengganggu. Zat anti inflamasi pada salicylic acid berguna untuk mengurangi bahkan menghilangkan ruam kemerahan pada kulit. Rutin menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid bisa mengatasi masalah kulit kamu.

Mengurangi Minyak Berlebih

Sifat asli asam adalah mengeringkan. Untuk itu manfaat salicylic selanjutnya juga bisa untuk mengatasi kulit yang berminyak. Jika membiarkan kulit berminyak tanpa ada penanganan, hal ini bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Namun untuk jenis kulit yang kering, sebaiknya kurangi penggunaan skincare yang berbahan salicylic acid. Salicylic acid juga sebaiknya tidak digunakan oleh wanita yang sedang hamil, karena berbahaya untuk janin.

Meregenerasi Kulit Wajah

Salah satu produk perawatan kulit wajah yang mengandung salicylic acid bisa kamu temukan pada toner. Biasanya, toner digunakan untuk membantu mengangkat kotoran dan makeup yang masih nempel di wajah setelah menggunakan sabun cuci wajah. Kerja toner akan lebih maksimal karena kandungan salicylic acid ini untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit lebih mudah untuk meregenerasi menjadi kulit yang baru. Dengan demikian, bintik hitam, noda bekas jerawat dan flek yang membandel akan tersamarkan.

Pemakaian salicylic acid pada produk skincare yang aman untuk semua jenis kulit ini, ternyata dapat memunculkan efek samping. Efek sampingnya antara lain bisa mengiritasi, menipiskan, dan mengeringkan kulit yang sensitif jika dioleskan secara berlebihan. Sifat keratolitik di dalamnya dengan mudah membuat sel kulit mati mengelupas. Pemakaian skincare salicylic acid tidak untuk seluruh wajah, cukup pakai pada kulit yang berjerawat saja. Hal yang paling penting adalah untuk dilakukan adalah mengetahui kondisi kulit untuk terhindar dari permasalahan kulit.

Itulah beberapa manfaat salicylic acid untuk kulit dan kecantikan. Sebelum menggunakan produk skincare berbahan salicylic acid, sebaiknya kamu mengerti dulu jenis dan tipe kulitmu. Jika memang terdapat efek samping yang sangat mengganggu setelah penggunaan, coba hubungi dokter spesialis untuk mengetahui apakah kamu alergi atau tidak.